(13) SIM, FAHRUN RIZALDI, PROF. HAPZI ALI, IMPLIKASI ETIS TI , UNIVERSITAS MERCU BUANA, 2017

1. Provider yang saya gunakaan saat ini adalah Telkomsel.
1) Kelebihan
Telkomsel memiliki kelebihan pada sektor wilayah. Jaringan Telkomsel lebih luas dibandingkan operator seluler lainnya. Ini mencerminkan keberadaannya sebagai operator seluler tertua. Masalah kecepatan jaringan, telkomsel masih berada di peringkat pertama sebagai jaringan tercepat di Indonesia baik di jaringan 2G / 3G maupun jaringan 4G.
2) Kekurangan
Kekurangan utama Telkomsel terletak pada mahalnya tarif. Telkomsel mematok harga yang cukup mahal untuk biaya telepon, pengiriman pesan, akses internet dan berbagai layanan lainnya. Namun, di beberapa wilayah pelosok, signal Telkomsel masih sangat sulit didapat yang artinya jaringan tower mereka belum memenuhi sekitar sebagai operator ternama. Padahal seharusnya harga dapat disesuaikan dengan servicenya.


2. Menurut saya, sistem jaringan yang dipakai dikampus adalah jaringan Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti: 
1. Jaringan komputer kampus
2. Gedung
3. Kantor
4. Rumah
5. Sekolah atau yang lebih kecil. 
Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Ada beberapa hal yang saya kritisi dari sistem jaringan yang ada dikampus, yaitu apabila dalam Penggunaan banyak komputer / PC dalam jaringan LAN malah membuat koneksi internetnya sangat lamban, Software yang dipakai perlu dikendalikan dan bila menggunakan multiuser softwarenya harus dirancang terlebih dahulu, dan Perbaikan dari sisi speed modem LAN yang begitu lambat.


1. Telekomunikasi
adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan 'telekomunikasi' bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga macam:
·         Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: TV dan Radio
·         Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Telepon
·         Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex) pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh: Handy Talkie dan Chat Room.
Sementara itu, manfaat daripada telekomunikasi adalah memberikan masukan yang positif untuk dunia bisnis dan dapat mendongkrak perekonomian hingga tahap yang menggembirakan. Saat ini telekomunikasi dapat dijangkau baik secara lokal maupun global. Dengan cara ini, hal ini dapat menunjang perkembangan dunia telekomunikasi di Indonesia.
2. Topologi Jaringan
adalah suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi. Dan setiap macam topologi jaringan komputer akan berbeda dari segi kecepatan pengiriman data, biaya pembuatan, serta kemudahan dalam proses maintenance nya. Dan juga setiap jenis topologi jaringan komputer memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. ada banyak macam topologi seperti topologi ring, star, bus, mesh, dan tree.
Manfaat dari topologi jaringan
·         Resource sharing , dapat menggunakan sumberdaya yang secara bersama-sama. Misalnya seorang pengguna yang berada di 100 Km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut dan seolah olah data tersebut berada di dekatnya.
·         Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan.
·         Menghemat uang. Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/ kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar.
Implementasi
Permisalan: Saya berlangganan internet di rumah (telkom speedy atau fastnet) dan saya mempunyai 2 komputer desktop, 2 laptop, dan 1 modem internet, saya ingin semua komputer dan laptop terhubung dan juga dapat menggunakan koneksi internet ISP langganan saya bersama-sama. Dan saya mau juga 1 laptop dapat terhubung dimana saja selama di dalam rumah dengan wifi.
Topologi jaringan rumah tersebut membutuhkan perangkat :

·         Wireless Router, banyak beredar wireless router di indonesia yang terjangkau. Bisa pilih dari Merk TP-LinkD-Link dll.
·         Kartu jaringan (atau yg disebut juga LAN Card, Ethernet Card)
·         Kabel LAN/Data, kabel ini yang menghubungkan kartu jaringan/LAN Card dari masing-masing komputer desktop atau laptop ke router Anda. Anda bisa beli kabel LAN yang sudah jadi (sudah dengan konektornya di kedua ujungnya) atau mencoba untuk membuat sendiri. Panjangnya tentukan sesuai jarak dari router ke masing-masing komputer. Lihat juga : Cara Membuat Kabel UTP / Kabel LAN
·         Laptop dengan perangkat Wifi/wireless.
Kemudian anda atur kabel LAN untuk menghubungkan semua komputer-komputernya.
·         Dari LAN Card komputer-komputer desktop dimasukan ke PORT LAN 1-4 ke wireless router anda.
·         Dari port Modem Internet Speedy/Fastnet ke PORT WAN wireless router anda.
·         Setting Wireless Router Anda sebagai Akses Point agar laptop atau device/gadget anda bisa terkoneksi via wifi.
3. Internet
adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/ Internet ProtocolSuite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").
Manfaat:
1. Menambah Wawasan
Dengan tersedianya milyaran informasi yang ada di internet, kita hanya perlu mencari nya saja. Hanya dengan mengetik beberapa kata pun, informasi yang kita inginkan sudah bisa didapatkan.
2. Mempermudah Komunikasi
Di era yang semakin canggih ini, berkomunikasi tak perlu lagi menggunakan surat, melainkan menggunakan fasilitas digital yang tersedia saat ini, seperti halnya di internet.
3. Mempermudah pekerjaan
Pekerjaan yang sebelumnya terasa berat bisa menjadi ringan karena hadirnya internet. Contoh, jika Anda diperintahkan oleh direktur untuk memberikan sebuah data ke kantor lain, dan hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan surat elektronik di dunia maya atau biasa disebut dengan Email.
4. Sarana Pendidikan Jangkauan jauh
Internet sebagai perpustakaan online dan kemampuannya dalam membangun komunikasi yang interaktif memungkinkan setiap orang melakukan pendidikan jarak jauh.
5. Belanja Online
adalah alat yang sudah mendunia yang umum di gunakan untuk kepentingan kerja, cari informasi, komunikasi dan juga berbelanja.

4. Teknologi Nirkabel
Jika di artikan secara harafiah adalah teknologi yang menggunakan media udara (gelombang radio) sebagai jalur lalu lintas data sebagai pengganti kabel. Sistem Komunikasi ini menggunakan frekuensi/spectrum radio, yang memungkinkan transmisi(pengiriman/penerimaan) informasi (suara, data, gambar, video) tanpa koneksi fisik. Dibedakan dari system transmisi yang memerlukan koneksi fisik, seperti kabel/kawat tembaga atau fiber optic. Teknologi nirkabel bersifat tetap (fixed) atau bergerak (mobile)
Teknologi ini dibatasi oleh ketersediaan spectrum (pita frekuensi), karena adanya interferensi (saling mengganggu) jika digunakan bersama.
Manfaat
Bermanfaat untuk menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lainnya ataupun penyimpanan awan dengan tanpa Suatu kerepotan hanya dengan internet dan jaringan. 
Implementasi
Dari beberapa contoh teknologi wireless, saya akan menjelaskan salah satunya, yaitu Infrared. Infrared dapat dimanfaatkan pada beberapa bidang, yakni kesehatan, komunikasi, keruangan, dan industri.
Di bidang komunikasi, kegunaan inframerah yakni sebagai berikut :
- Adanya sistem sensor inframerah. Sistem sensor ini pada dasarnya menggunakan inframerah sebagai media komunikasi yang menghubungkan antara dua perangkat. Penerapan sistem sensor infra merah ini sangat bermanfaat sebagai pengendali jarak jauh, alarm keamanan, dan otomatisasi pada sistem. Adapun pemancar pada sistem ini terdiri atas sebuah LED (Lightemitting Diode) infra merah yang telah dilengkapi dengan rangkaian yang mampu membangkitkan data untuk dikirimkan melalui sinar inframerah, sedangkan pada bagian penerima biasanya terdapat foto transistor, fotodioda, atau modulasi infra merah yang berfungsi untuk menerima sinar inframerah yang dikirimkan oleh pemancar.
- Adanya kamera tembus pandang yang memanfaatkan sinar inframerah. Sinar inframerah memang tidak dapat ditangkap oleh mata telanjang manusia, namun sinar inframerah tersebut dapat ditangkap oleh kamera digital atau video handycam.
- Untuk pencitraan pandangan seperti nightscoop
Inframerah digunakan untuk komunikasi jarak dekat, seperti pada remote TV. Gelombang inframerah itu mudah untuk dibuat, harganya relatif murah, tidak dapat menembus tembok atau benda gelap, serta memiliki fluktuasi daya tinggi dan dapat diinterfensi oleh cahaya matahari.
- Sebagai alat komunikasi pengontrol jarak jauh. Inframerah dapat bekerja dengan jarak yang tidak terlalu jauh (kurang lebih 10 meter dan tidak ada penghalang).
- Sebagai salah satu standardisasi komunikasi tanpa kabel. Jadi, inframerah dapat dikatakan sebagai salah satu konektivitas yang berupa perangkat nirkabel yang digunakan untuk mengubungkan atau transfer data dari suatu perangkat ke parangkat lain. 

Referensi:
Anonimus. 2015. http://web.if.unila.ac.id/pakubuwono/2015/04/23/implementasi-teknologi-wireless/ (diakses pada 10 desember 23:17)

Vebryan, Muhammad. 2015. http://muhammadvebryan.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-teknologi-nirkabel.html (diakses pada 10 desember 23:17)

Anonimus. 2015. http://www.modalsemangat.com/2015/06/pengertian-implementasi-dasar-jaringan-komputer.html (diakses pada 10 desember 23:24)

Anonimus. 2016. http://manfaattelekomunikasidaninternetwanza.blogspot.co.id/ (diakses pada 10 desember 23:00)

Fanny, Sim. 2012. http://simfanny.blogspot.com/2012/10/kelebihan-dan-kekurangan-telkomsel.html?m=1 (Diakses pada 10 Desember 2017 22:40)
Octavia, Nadia. 2016. https://nadiaoctavia94.wordpress.com/10-jaringan-komputer (Diakses 10 desember 2017, jam 22.34)

Komentar