(12) SIM, FAHRUN RIZALDI, PROF. HAPZI ALI, IMPLIKASI ETIS TI , UNIVERSITAS MERCU BUANA, 2017

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sebuah sistem berbasis komputer yang berfungsi untuk membantu pengambilan keputusan dengan memanfaatkan data dan model untuk menyelesaikan permasalahan tak terstruktur dan semi terstuktur di dalam suatu perusahaan atau organisasi. SPK terdiri dari teknologi, data, dokumen, pengetahuan dan model untuk melengkapi proses dari suatu tugas. 
Saya mengasumsikan penerapan SPK pada PT. BCA

Implementasi SPK menggunakan metode AHP di Bank BCA:

1.    Decomposition (Membuat Heararchy)

Prinsip ini merupakan pemecahan persoalan-persoalan yang utuh  menjadi unsur-unsurnya ke bentuk hirarki. Jika  ingin mendapatkan hasil yang akurat, pemecahan dilakukan terhadap  unsur-unsurnya sampai tidak mungkin dilakukan pemecahan yang  lebih lanjut sehingga didapatkan beberapa tingkatan dari persoalan  yang ada. Berikut adalah ilustrasinya:











2.    Comparative Judgement (Penilaian Kriteria dan Alternatif)

Prinsip ini memberikan penilaian tentang kepentingan relatif dua elemen pada suatu tingkat tertentu dalam kaitannya dengan tingkat yang di  atasnya. Penilaian ini dapat disajikan dalam bentuk  matriks yang disebut matriks  pairwise comparison yaitu matriks perbandingan berpasangan yang memuat tingkat preferensi beberapa alternatif untuk kriteria. Untuk skala perbandingan  berpasangan disajikan dalam tabel berikut:

3.    Synthesis of Priority (Menentukan Prioritas)

Pada prinsip ini menyajikan matriks pairwise comparison yang kemudian dicari eigen vektornya untuk mendapatkan local priority. Karena matriks pairwise comparison terdapat pada setiap tingkat, maka untuk mendapatkan global priorty dapat dilakukan sintesa diantara local priority.
4.    Logical Consistency (Konsistensi Logis)

Merupakan karakteristik yang paling penting. Hal ini dapat  dicapai  dengan mengagresikan seluruh vektor eigen yang diperoleh dari  tingkatan hirarki dan selanjutnya diperoleh suatu vektor composite tertimbang yang menghasilkan urutan pengambilan keputusan.

quiz

1. Pengertian SPK
SPK didefinisikan sebagai sistem komputer yang mampu memberikan kemampuan baik kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah semi terstruktur. Secara khusus, SPK didefinisikan sebagai sebuah sistem yang mendukung kerja seorang manager maupun sekelompok manager dalam memecahkan masalah semi terstruktur dengan cara memberikan informasi ataupun usulan menuju pada keputusan tertentu.
Fungsi SPK
SPK berfungsi untuk membantu pengambilan keputusan dengan memanfaatkan data dan model untuk menyelesaikan permasalahan tak terstruktur dan semi terstruktur di dalam suatu perusahaan atau organisasi.

2. Tahapan dalam SPK
a. Definisi masalah
b. Pengumpulan data atau informasi yang relevan elemen
c. Mengelolah data menjadi informasi dalam bentuk grafik dan laporan tertulis
d. Menentukan alternatif solusi (bisa dalam presentase)
Manfaat sistem SPK
a. Masalah-masalah semi terstruktur dapat dipecahkan
b. Problem yang kompleks dapat diselesaikan
c. Sistem dapat berinteraksi dengan pemakainya
d. Dibandingkan dengan pengambilan keputusan secara intuisi, pengambilan keputusan dengan SPK dinilai lebih cepat dan hasilnya lebih baik
e. Menghasilkan acuan data untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh manajer yang kurang berpengalaman.
f. Untuk masalah yang berulang, SPK dapat memberi keputusan yang lebih efektif. 




Referensi:
Turban, et al. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems. 7th Edition: Prentice Hall.
Redy, Afryanto. https://www.academia.edu/30087885/Sistem_Pendukung_Keputusan_Kenaikan_Jabatan_Pada_PT_Bank_Central_Asia_Tbk._BCA_Menggunakan_Metode_Analityc_Hearchy_Process_AHP_KELOMPOK_1 (Diakses pada 1 Desember 2017 15:49)
Dini. 2016. https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-sistem-pendukung-keputusan-spk-decision-support-system-dss/6636 (Diakses pada 1 Desember 2017 16:45)
Anonim. 2014. http://www.aldo-expert.com/blog-artikel/17-sistem-pendukung-keputusan-decision-support-system.html (Diakses pada 1 Desember 2017 (16:45)
Anonim. 2015. http://www.dosenpendidikan.com/tahapan-tujuan-dan-karakteristik-sistem-pendukung-keputusan-spk/ (Diakses pada 1 Desember 2017 (16:45)



Komentar